Peralatan Alat Ukur Otomotif Terlengkap

Peralatan Alat Ukur Otomotif Terlengkap - Dalam dunia otomotif tentunya banyak alat-alat yang sering digunakan untuk memperbaiki sebuah kendaraannya,tidak hanya sekedar pemakaian saja tetapi perwtan berkala juga harus di lakukan supaya kendaraan kita terjaga dengan baik dan optimal.

Disini kami akan menjelakan alat ukur yang sering digunakan oleh para mekanik,bahkan materi ini bisa di gunakan untuk pelajaran PDTO di SMK,berikut adalah rinciannya :

1.Multi Tester


Mullti tetster ini seringkali di gunakan karena hubungannya untuk memeriksa kelistrikan pada sepeda motot/mobil dan elektoniknalinya,guna melihat kabel seperti : Voltase AC/DC,Ampere/Kuat arus,Tahanan/Resistance.

 

 

 

2.Vernier Caliper

Alat ukur ini sangat sering juga di gunakan untuk pengukuran diameter luar benda,diameter dalam benda,dan kedalaman benda,alat ukur ini memiliki beberapa tipe ukuran,ada yang 0,02 mm dan 0,05mm.

3.Thicknes Gauge/Fuller


Alat ini juga sangat sering digunakan para mekanik terutama untuk mengukur celah kelep IN dan Out dan celah busi,yang memilki plate dengan ukuran 0,03 mm hingga 0,30 mm.

 

 

 

 4.Torque Wrench/Kunci Torsi


Kunci torsi ini digunakan untuk mengencangkan saja,supa mur/baut yang di kencangkan tidak rusak,karena ada momen kekencangannya sesuai dengan ukuran yang di minta,dan kunci ini bisa digunakan sebagai kunci rachet untuk pengencangan awalan agar lebih cepat.

 

 5.Micrometer 


Alat ini digunakan untuk mengukur diametr luar benda dengan ketelitian 1/100 mm atau 0,01 mm,micrometer ini terbagi dari beberapa ukuran diantaranya sekala ukurannya berkisar antara  0-25 mm, 25-50 mm, 50-75 mm, dan 75-100 mm.

 

6.Cylinder Bore Gauge


Alat ukur ini sering digunakanjuga pada umumnya untuk mengukur kebengkokan dan deviasi dari poros/as,kelurusan dan backlash.alat ukur ini pada umumnya bersekala 1/100 mm




Materi di atas merupakan alat ukur yang sering di gunakan bahkan di temui dalam dunia otomotif,biasanya para mekanik yang sering menggunakan alat ukur di atas,semoga dengan adanya materi alat ukur ini bisa bermanfaat bagi anda yang mengamalkan materi ini.aamiin Tks

No comments for "Peralatan Alat Ukur Otomotif Terlengkap"